Batubulan
Tari Barong di Batubulan
Kecak di Batubulan
Previous
Next

Batubulan sebuah desa dalam ruang lingkup Kecamatan Sukawati Kabupaten Daerah Tingkat II Gianyar Provinsi Daerah Tingkat I Bali. Batubulan terletak kurang lebih 10 km dari kota Denpasar dan 17 km dari kota Gianyar.

Desa Batubulan

Desa Batubulan yang berbatasan dengan desa Celuk dan Singapadu mempunyai persamaan dalam hal kesenian, yaitu: seni tari, patung dan aneka ragam tabuh yang memikat hati. Batubulan sangat terkenal sebagai 0byek Wisata Tari Barong yang khas. Desa ini terletak pada jalur Denpasar-Gianyar kira-kira 10 km dari Denpasar dan 21 km dari Gianyar.

Desa Batubulan terbagi ke dalam tiga desa adat, antara lain Desa Adat Tegaltamu, Desa Adat Jero Kuta, dan Desa Adat Dlod Tukat. Tiap desa adat tersebut masih terbagi lagi ke dalam beberapa banjar (satuan adat yang berfungsi untuk mengelola pertanian).

Beberapa banjar, di samping mengelola pertanian, juga memiliki kelebihan karena mampu menyajikan seni pertunjukan yang diminati oleh wisatawan, misalnya Banjar Denjalan (di Desa Adat Jero Kuta) dan Banjar Tegehe (di Desa Adat Dlod Tukat) yang mempertunjukkan Tari Kecak, Barong, dan Legong.

Serta untuk mendukung berbagai keunggulan di bidang kesenian dan memantapkan citra Batubulan sebagai desa seni dan wisata, di desa ini telah dibangun berbagai sekolah kejuruan di bidang kesenian, misalnya Sekolah Menengah Seni Rupa (SMSR), Sekolah Menengah Industri Kerajinan (SMIK), serta Sekolah Menengah Karawitan Indonesia (SMKI).

Selain Desa Batubulan sebagai penghasil benda-benda seni patung dengan bahan dasar batu yang khas juga desa ini juga memiliki lokasi tetap pertunjukan kesenian yang khusus disajikan untuk wisatawan, antara lain di Banjar Dejalan, Pura Puseh, serta di Banjar Tagehe.

Pertunjukan seni meliputi Tari Barong, Tari Kecak, dan Tari Legong.

Tari Barong, pertunjukan diadakan setiap hari, yaitu dimulai pada jam 9.30 WITA, sementara untuk Tari Kecak dipentaskan pada jam 18.30 WITA. “Denjalan Barong”, tarian asli desa ini  untuk mengiringi drama tari Barong.

Untuk memasuki desa wisata ini wisatawan tidak dipungut biaya. Hanya saja, apabila wisatawan ingin menyaksikan pertunjukan kesenian, seperti Tari Kecak maupun Tari Barong, maka wisatawan akan dikenai bea tiket.

Wisatawan dapat menyewa jasa penyedia travel untuk memudahkan perjalanan wisata ke desa ini. Penyedia jasa travel umumnya telah memiliki jadwal tetap tiap pertunjukan kesenian di Desa Batubulan maupun jadwal kunjungan ke berbagai art shop yang ada di desa ini.

Kecuali menyaksikan pertunjukan tari, salah satu agenda wisata yang biasa dilakukan oleh wisatawan di desa ini adalah berbelanja aneka cenderamata yang dijual oleh toko-toko suvenir maupun galeri seni yang ada di sepanjang jalan Desa Batubulan. Benda-benda seni seperti patung maupun ukiran merupakan cenderamata khas dari desa ini.

Sewa Mobil Murah Bali juga siap untuk mengantar anda berwisata mengunjungi  Desa Batubulan dengan aramada yang bagus, harga yang ekonomis, juga perjalanan yang menyenangkan.

SEWA MOBIL MURAH DI BALI

Scroll to Top