Pura Taman Ayun
Pura Taman Ayun
Pura Taman Ayun
Previous
Next

Pura taman Ayun ini terletak di Desa Mengwi sekitar 18 kilometer barat laut kota Denpasar dan Pura Taman Ayun dibangun pada tahun 1634 oleh Raja Mengwi, I Gusti Agung Anom dan merupakan salah satu dari pura-pura yang terindah di Bali.

Pura Taman Ayun Dihiasi oleh meru-meru yang menjulang tinggi dan megah diperuntukkan baik bagi leluhur kerajaan maupun bagi para Dewa yang bestana di Pura-pura lain di Bali. Halaman pura ditata sedemikian indah dan dikelilingi kolam ikan yang dibangun tahun 1634 oleh Raja Mengwi saat itu I Gusti Agung Anom.

Pura Taman Ayun adalah Pura lbu (Paibon) bagi kerajaan Mengwi. Setiap 210 hari tepatnya setiap “Selasa Kliwon Medangsia” (Menurut perhitungan tahun Saka) segenap masyarakat Mengwi merayakan piodalan selama beberapa hari memuja Tuhan dengan segala manifestasinya.

Pura ini hancur karena gempa bumi hebat yang terjadi pada tahun 1917 dan tidak sempat dipugar hingga tahun 1950. Candi bentar dan tugu yang tingginya mencapai 16 meter di halaman bagian dalam Pura tersebut dibangun sesuai arsitektur Jawa, sedangkan candi yg kecil berupa tempat duduk dari batu berjumlah 64 buah merupakan tugu leluhur jaman megalitikum untuk mengenang para ksatria yang gugur dalam perang.

Candi ini dikelilingi oleh kolam dan diatur pada 3 tingkat yang berbeda, halaman dalam di bagian atas memiliki kolam sendiri. Senyawa batin lengkap dengan meru megah dan candi. Seperti banyak orang yang tahu semakin tinggi meru itu yang lebih penting. Jumlah atap selalu angka ganjil dengan 11 kemungkinan maksimum.
Ada 3 meru sangat penting menghormati 3 gunung yang paling penting di Bali, dengan meru 11 berjenjang mewakili Gunung Agung dan Gunung Batkaru dan meru 9 beratap merupakan Gunung Batur. Hal ini dimungkinkan untuk mengunjungi candi dengan santai dalam waktu satu jam atau kurang.

Wisatawan domestik dan asing yang ingin memasuki areal pura dikenakan tiket masuk Rp 3.000 untuk Domestik maupun Wisatawan Asing. Wisatawan yang datang ke tempat ini juga bisa menyaksikan Keindahan pura Taman Ayun yang di kelilingi oleh Kolamnya.

Sewa Mobil Murah Bali juga siap untuk mengantar anda berwisata mengunjungi  Pura Taman Ayun dengan armada yang bagus, harga yang ekonomis, juga perjalanan yang menyenangkan.

SEWA MOBIL MURAH DI BALI

Scroll to Top