Ketum Gerindra Prabowo Subianto diberikan kepada Gibran untuk maju dalam Pilgub DKI atau Jateng

Jakarta, CNN Indonesia – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka diprediksi lebih berpeluang memenangkan Pemilihan Gubernur Jawa Tengah ketimbang di DKI Jakarta.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menyebut analisis itu didukung survei miliknya yang menunjukkan nama Gibran mulai muncul di dua wilayah yakni DKI Jakarta dan Jateng.

Bahkan, tingginya popularitas Gibran di Jateng sudah terjadi sebelum wacana dukungan PDIP dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto diberikan kepada Gibran untuk maju dalam Pilgub DKI atau Jateng.

“Saya melihat Mas Gibran mau bertanding di Jakarta atau tidur saja di Jateng. Pilihan yang sebenarnya sangat rasional dan sangat transparan. Kalau di Jateng, Gibran ini tidur saja pasti menang,” kata Adi dalam acara Total Politik di Jakarta Selatan, Sabtu (25/6).

Adi kemudian membeberkan, untuk saat ini tingkat popularitas Gibran di Jateng relatif tinggi mencapai 76 persen, sementara elektabilitasnya berada di 28 persen. Gibran, kata dia, memiliki tiga magnet politik.

Pertama, putra sulung Presiden Joko Widodo. Kedua, kader PDIP, dan ketiga Wali Kota Solo. Namun magnet yang paling besar kekuatannya menurut Adi adalah nomor dua. Berkat diusung PDIP, lanjut Adi, Gibran mampu melesat menjadi Wali Kota Solo, padahal kiprah politiknya belum lama.

Namun demikian, apabila melihat popularitas Gibran di DKI Jakarta relatif masih kecil. Nama Gibran menurutnya kalah dengan nama besar kader PDIP lainnya seperti Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

“Menariknya, Gibran kalau diproyeksikan menjadi Wakil Gubernur DKI, dia ranking dua,” ujar Adi.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebelumnya mengungkapkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mendorong dirinya untuk maju dalam Pilkada 2024.

Ia juga mengungkap isi pertemuan dengan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat berkunjung ke Hambalang, Bogor, Jawa Barat beberapa waktu lalu. Salah satunya adalah saran Prabowo agar dirinya maju ke Pilgub DKI atau Jawa Tengah.

Sebelumnya, Gibran digadang-gadang maju di Pilgub Jateng. Dukungan pun mulai datang dari internal PDIP dan juga Partai Gerindra.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 5 =

Scroll to Top